-->

3/22/2017

Cara Backup dan Restore Data Konfigurasi Cyberindo Updater

Cyberindo Updater adalah salah satu produk Cyberindo Indonesia yang diberikan secara gratis untuk seluruh warnet yang ada di tanah air. Dengan berbagai fitur yang memudahkan misalnya ketika ada update game online terbaru, tidak perlu lagi update satu-satu di komputer klien. Begitupun dengan proses install Cyberindo Updater Server dan Klien terbilang cukup mudah dilakukan.

Setelah berhasil install di komputer server diskless misalnya, anda harus memasukkan lagi cafe id dan authkey cyberindo untuk melakukan autentikasi warnet dan mendapatkan benefit game garena. Semua konfigurasi data server dan klien akan tersimpan di Cyberindo Updater baik itu Mac Address, jumlah komputer klien dan data lainnya.

Tentunya, ini bagi mereka yang punya masalah dengan komputer server. Apakah itu karena lambat loading (lemot), SSD rusak, atau yang lain.
Cara Backup dan Restore Data Konfigurasi Cyberindo Updater

Untuk itu, agar anda tidak kesulitan ketika ingin install ulang komputer server cyberindo updater, perlu melakukan backup data konfigurasi terlebih dahulu. Ini dimaksudkan untuk memudahkan kita agar tidak perlu lagi tambah manual game baik itu Game Online, LAN Game dan aplikasi lainnya untuk memunculkannya di Game Menu.

Sangat repotkan, jika anda harus add game satu-per-satu lagi dari awal. Bayangkan saja, misalnya ada 50 game online ditambah 20 LAN Game yang kita punya di Game ditambah lagi dengan harus drag komputer klien ke group klien.

Backup Data Cafe Console Cyberindo Updater


Seperti yang saya katakan diatas tadi, kita harus backup file Cafe Console untuk menyimpan semua konfigurasi yang ada di komputer server sebelumnya. Caranya hampir sama ketika ingin backup data Cyberindo Billing

Ikuti 2 (dua) langkah dibawah ini.
  1. Masuk ke folder instalasi Cyberindo Updater, secara default terinstall di destinasi folder C:\Program Files\CyberIndoServer
  2. Cari dan copy file cafeserver.ini dan folder data yang berisi file data.s3db
Sebaiknya, simpan kedua file diatas di Flashdisk atau media penyimpanan lain jika anda berniat ingin format ulang partisi hardisk yang ada di komputer server.

Pastikan data tersebut tidak dilihat oleh orang lain agar tidak disalah-gunakan dan tidak terjadi banned cafe id dan authkey cyberindo.

Restore File Konfigurasi Cyberindo Updater


Setelah berhasil backup file Cyberindo Updater dan telah selesai install ulang komputer server, kita dapat tidak akan kerepotan lagi untuk add game ke Game Menu satu-per-satu karena database konfigurasi, cafeid dan authkey GCA Cyberindo sudah ada.

Cukup ikuti langkah dibawah agar data konfigurasi yang lama kembali lagi.
  1. Pastikan install terlebih dahulu Cyberindo Updater Server di komputer server kemudian jangan jalankan Cafe Console. Tapi jika sudah terlanjur menjalankannya, silahkan restart service Cyberindo Updater
  2. Masuk ke folder instalasi lalu cari dan hapus file cafeserver.ini dan data.s3db
  3. Copy file backup diatas tadi ke destinasi folder masing-masing
  4. Sekarang, jalankan Cafe Console dengan mengklik shortcut yang ada di desktop dan masukkan password default: gcafe
  5. Masuk ke menu Bantuan - Lihat Informasi Lisensi dan tekan tombol Terapkan kemudian pada menu yang sama di pilih sub menu yaitu Bantuan - Tentang dan tekan tombol Konfirmasi untuk melakukan autentikasi agar status Cyberindo N/A berubah menjadi Telah autentikasi.
Pastikan anda sudah melakukan dengan benar proses paste kedua file diatas agar konfigurasi Cyberindo Updater seperti sebelum komputer server kita install ulang.

Jika anda ingin bertanya, silahkan berkomentar pada kolom yang tersedia dibawah.

Demikian artikel tentang bagaimana cara backup dan restore file konfigurasi Cyberindo Updater. Semoga bermanfaat.

4 comments

gk mau gan ane coba kok gk bisa yak

Tidak bisa backup dan restore setting cyberindo updater gimana maksudnya?
Saya sendiri selalu menggunakan cara diatas jika ingin instal ulang komputer server diskless cyberindo di warnet kok.

gan kalau pakai mode updater game (virtual) apakah sama aja caranya

oa om kalo untuk diskles consol apa nya yg harus di back up sebelum inul??


EmoticonEmoticon