-->

1/21/2016

Tips Install Ulang Komputer Server Updater, Diskless dan Billing Cyberindo

Tips Install Ulang Komputer Server Cyberindo Updater, Diskless dan Billing. Saat ini sudah ada budget untuk upgrade komputer server diskless. Tunggu dulu, jika Anda member Cyberindo dan menggunakan satu komputer untuk updater warnet, diskless dan billing. Mau tidak mau, Anda install ulang komputer server dan harus mengetahui beberapa tips install ulang komputer server Cyberindo Updater, Diskless dan Billing.

Jika Anda tidak mengetahui beberapa hal yang harus dilakukan sebelum install ulang PC Server ini, maka nantinya kita akan repot dan butuh waktu yang cukup lama seperti yang pernah saya alami sendiri.

Saya sengaja share artikel ini agar nantinya Anda dapat melakukan install PC Server yang tidak terlalu butuh waktu yang lama dan tidak kehilangan data game, cafe id dan auth key GCA serta database billing.
Tips Install Ulang Komputer Server Cyberindo Updater, Diskless dan Billing
Komputer Server Warnet

Apa saja hal yang harus Anda lakukan sebelum mengupgrade atau install ulang komputer server? Simak artikelnya dibawah.

Tips Install Ulang Komputer Server Cyberindo Updater, Diskless dan Billing  


Disini, saya asumsikan bahwa kita mempunyai satu komputer untuk kebutuhan server Cyberindo Updater, Diskless dan Billing. Software billing warnet yang saya gunakan adalah Smart Billing tapi jika Anda menggunakan Cyberindo Billing atau billing warnet gratis lainnya, maka dapat juga mengikuti tips dibawah.

1. Catat Mac Address PC Klien


Kok mac address harus dicatat? Smart Billing 'kan mendeteksi otomatis mac address yang ada pada komputer klien. Iya, memang betul tapi bagaimana saat Anda ingin install Cyberindo Updater dan Cyberindo Diskless.

Cyberindo Diskless juga punya fitur deteksi otomatis mac address tapi terkadang tidak bisa sehingga kita harus input manual mac address PC klien. Dengan begitu, kita tidak perlu lagi menghidupkan satu-per-satu komputer klien.

Mencatat semua mac address komputer klien adalah salah satu hal yang harus dilakukan sebelum install ulang komputer server diskless.

2. Backup Database Billing


Apa jadinya ketika lupa backup database billing warnet, harus mulai dari awal lagi. Pelanggan warnet tentu akan mempertanyakan waktu billing yang mereka punya dan laporan keuangan warnet juga hilang. 

Nah, jika Anda menggunakan Smart Billing maka cara yang paling mudah untuk backup database adalah dengan cara copy semua file yang ada di folder SmartBillingCounter. Bagi Anda yang menggunakan billing lain, cari folder instalasi billing kemudian copy satu folder tersebut.

Backup Database Smart Billing

3. Copy Image Diskless Cyberindo


Begitu juga dengan image diskless Cyberindo, kita harus backup agar memudahkan dan mempercepat upload dan konfigurasi diskless nantinya. Caranya sangat mudah, Anda cukup mengcopy file .vhd yang ada dipartisi ImageOS.

Backup Image Diskless Cyberindo

Dengan mengikuti tips install ulang komputer server diatas, Anda tidak akan kehilangan data warnet dan juga tidak akan menyita banyak waktu untuk install Cyberindo updater, diskless dan billing setelah selesai install ulang OS server.

Demikian artikel tentang Tips Install Ulang Komputer Server Cyberindo Updater, Diskless dan Billing. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon