-->

7/03/2017

Panduan Lengkap Membuat Image Diskless Windows

Selama ini, Anda mungkin hanya sering download image diskless baik itu .VHD atau .GHO yang akan Anda gunakan untuk warnet diskless. Itu mungkin Anda lakukan karena belum mengetahui bagaimana cara buat image diskless atau bisa membuatnya tapi tidak support semua tipe motherboard.

Padahal, caranya sangat mudah jika Anda sudah mengetahui cara install ulang Windows di komputer atau laptop. Sekalipun caranya hampir sama dengan instal ulang Windows pada umumnya tapi masih ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Atau, mungkin Anda sudah punya banyak koleksi image diskless tapi setelah menambahkan image diskless di komputer server justru tidak kompatibel motherboard komputer warnet karena merek dan modelnya tidak seragam.
Panduan Lengkap Membuat Image Diskless Windows Warnet Yang Baik dan Benar

Ada beberapa member Warnet Cyberindo yang punya image diskless rusak menyebabkan usaha warnet tutup beberapa hari. Ini tentunya akan membuat omset warnet turun dan kita tidak menginginkan hal tersebut, termasuk saya sebagai pemilik usaha warnet dan game online.

Pada artikel ini, saya akan berbagi tentang cara membuat image diskless VHD Windows agar tidak lagi perlu mengunduh atau mengcopy image VHD diskless Cyberindo dari teknisi cyberindo.

Persiapan


Sebelum mengikuti langkah-langkah cara membuat image diskless di bawah, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu.
  1. Software Cyberindo Diskless.
  2. Komputer yang sduah dipasangi hard disk.
  3. Botoable Windows, bisa menggunakan USB Flash Disk atau DVD.
  4. Driver LAN Card semua motherboard, sesuaikan dengan tipe, jenis dan windows-nya yaitu Windows x64. Anda bisa menggunakan driver all.
  5. Aplikasi Activator Windows.

Cara Membuat Image Diskless Windows untuk Warnet


Langkah 1: Install OS Windows


Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin buat image diskless adalah menginstal sistem operasi Windows di komputer yang memiliki hard disk. Sama seperti instal sistem operasi Windows di komputer atau laptop.

Pasang hard disk di salah satu komputer klien kemudian instal Windows 7 di komputer ini. Jangan lupa aktivasi Windows setelah selesai menginstal. Anda tidak perlu instal aplikasi atau software yang lain.

Langkah 2: Setting Windows


Setelah instal Windows di salah satu komputer klien tadi. Selanjutnya, Anda harus melakukan beberapa konfigurasi untuk mengoptimalkan image diskless.

Ada beberapa setting Windows yang harus diset untuk menghindari adanya “zombie” bandwidth seperti menonaktifkan update Windows, Firewall, UAC,

Pertama, kita harus menonaktifkan fitur update otomatis Windows. Komputer yang kondisinya masih nyala, ikuti langkah di bawah untuk disable windows update.

  1. Klik Start - Control Panel.
  2. Ketikkan windows update pada kotak pencarian di pojok kanan atas.
  3. Klik Turn automatic updating on or off.
  4. Setelah muncul jendela Change Settings Windows Update, pilih Never check for updates (not recommended) pada pilihan Important updates.
  5. Klik OK untuk menyimpan settingan.

Selanjutnya, periksa apakah kondisi update windows masih nyala atau tidak dengan melihatnya di Windows Configuration.

Langkah 3: Instal Software Diskless


Setelah instal ulang Windows dan nonaktifkan update windows, masih ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, diantaranya adalah menginstal aplikasi pendukung. Aplikasi pendukung ini yang dimaksud disini adalah software diskless cyberindo client, yang akan digunakan untuk mengupload image diskless.

Langkah 4: Upload Image Diskless


Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah upload image diskless. Kita memerlukan aplikasi uploader image untuk membuat file diskless .vhd.

Langkah 5: Setting dan Mengecek Image Diskless


Sekarang, setelah membuat image diskless, Anda harus menambahkan image ke cyberindo disk komputer server. Setting salah satu komputer klien untuk image tadi, apakah berhasil booting dengan normal, tidak terjadi error.

Langkah 6: Inject LAN Card


Secara default, ada beberapa driver LAN Card yang sudah disertakan tapi ada juga yang tidak. Untuk itu, Anda harus menambahnya dengan cara menginject LAN Card ke image diskless menggunakan aplikasi PnpTool Server Diskless Cyberindo.

Aktifkan mode super user terlebih dahulu agar driver LAN Card tersimpan setelah komputer diskless direstart kemudian mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Jalankan aplikasi PnpTool Virtual Disk Server yang ada di folder instalasi Cyberindo Diskless komputer server.
  2. Klik Load Image kemudian cari dan buka file image diskless yang dibuat diatas tadi.
  3. Klik Add From Inf lalu cari file driver LAN Card motherboard komputer klien yang sudah Anda download tadi.
  4. Beri tanda centang pada kolom nama file .inf dan klik Install to image.

Jika Anda mempunyai lebih dari satu driver LAN Card motherboard, mulai lagi dari langkah nomor 3-5 agar menambahkan semua driver LAN Card ke image diskless.

Langkah 7: Uji Image Diskless


Setelah inject driver LAN Card ke dalam file image diskless, Anda harus mengujinya untuk memastikan tidak terjadi error booting pada komputer klien. Kita harus mencoba satu persatu komputer klien warnet, khususnya yang berbeda merek dan tipe motherboard serta LAN Card.

Jika proses booting komputer klien berjalan dengan lancar tanpa stuck atau error, berarti Anda sudah berhasil menginject LAN Card dengan benar.

Langkah 8: Instal Software Pendukung


Tidak hanya instal software cyberindo diskless client, Anda juga harus menginstal software pendukung lainnya dalam mode super user. Software ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan jangan menginstall terlalu banyak aplikasi.

Tidak seperti setelah instal Windows di laptop, harus menginstalkan aplikasi wajib seperti Microsoft Office, Mozilla Firefox, Google Chrome, DirectX atau yang lain tapi kita hanya perlu instal aplikasi pendukung diskless seperti Flash Plugin, PDF Reader, dan pemutar musik dan video.

Aplikasi pendukung diskless diatas dapat Anda tambahi atau kurangi sesuai dengan keperluan. Setelah menginstal aplikasi pendukung tersebut, pastikan juga Anda melakukan aktivasi OS Windows.

Langkah 9: Simpan Image Diskless


Ini adalah langkah terakhir dalam membuat image diskless yaitu save dan merge file image. Setelah mencoba dan install aplikasi pendukung pada image diskless diatas, kita harus menggabungkan file image jika sebelumnya Anda membuat child image di CyberIndo Disk.

Untuk memudahkan dan mempercepat proses membuat image diskless warnet serta support semua motherboard, Anda harus teliti ketika download file .ind LAN Card. Sesuaikan dengan versi Windows yang digunakan.

Untuk memperkecil image diskless, jangan keseringan restart komputer klien saat melakukan instalasi software pendukung.

Anda punya pengalaman yang lain dalam membuat image diskless, baik itu diskless gacape ataupun cyberindo? Silahkan bagikan pada kolom komentar di bawah.


EmoticonEmoticon